image image image image image image image image

4 Elemen Pembuatan Konsep Taman Jepang

Tukang Taman Jakarta – Pengunjung yang setia denga artikel kami walau acak-acakan atau kurang bermutu mohon dimaklumi. Selain kita kenal dengan jenis Taman Minimalis mungkin kita juga mendengar jenis taman bergaya jepang, ya tidak salah lagi yaitu dikenal dengan nama Taman Jepang atau Japanese Garden.

Sudah akrabkah anda dengan kata tersebut?
kami uraikan tentang Taman Jepang adalah taman yang dibangun dengan mengusung konsep atau gaya tradisional negara Jepang. Dan jauh beda dengan jenis taman-taman yang lainnya tetapi yang lebih terlihat taman ini adalah banyak sisi keunikan dari Taman Jepang sehingga tidak heran banyak diterapkan pada halaman rumah yang memang menginginkan pemandangan eksotis gaya Jepang mungkin dari segi tanaman hiasnya, atau penataan konsep dari tata ruang dan sebagainya.

Taman Jepang pastinya banyak ditemui di negara Jepang aren memang di sana bangunan rumahnya ciri khas dari masyarakat Jepang. Namun saat ini anda ketahu bahwa Taman Jepang dibuka untuk umum namun juga dibangun di hotel, kuil budha, bekas kediaman resmi daimyo, serta rumah besar milik pejabat-pejabat.

Tetapi tidak menuntut kemungkinan juga akan diminati oleh masyarakat Indonesia pada umumnya bagi yang mengingkan konsep Taman Jepang ini. Secara global terdapat tiga konsep taman Jepang yang paling terkenal yaitu Kenroku-en yang ada di Kanazawa, Kōraku-en di Okayama, dan Kairaku-en di Mito, Prefektur Ibaraki.

Anda bisa melihat sekilas konsep atau gambar dari Taman Jepang pada Koleksi Gambar Model Taman Jepang

Berikut ini sedikit akan kami menguraikan lebih jelas mengenai seni taman Jepang : Desain taman gaya Jepang  juga dapat diaplikasikan dalam rumah anda. Taman model Jepang memang taman yang penuh dengan ketenangan dan kesejukan disekelilingnya, karena prinsip taman ini adalah kesederhanaan, yang bisa menciptakan perasaan damai dan rileks dalam lingkungan rumah anda. 

Kesan simpel atau kesederhanaan dari model taman ini terlihat dari konsep dan penggunaan elemen bahan dan tanaman yang dipakai. Taman Jepang ini juga identik dengan penggunaan batu untuk mewakili pulau atau gunung. Pasir atau gravel di taman ini mewakili simbol air.


Namun anda para pengunjung Tukang taman Surabaya dan Jakarta perlu ketahui taman model jepang ini tidak luput dari unsur alam memang sangat dominan pada design taman bergaya Jepang ini. Adanya unsur air dalam taman ini diwakili oleh adanya kolam kecil atau saluran air dalam bilah-bilah bamboo, mungkin anda bisa membayangkan dengan suara air mengalir sambil bersantai ditempat teduh mungkin ini merupakan salah satu terapi yang bisa membuat anda rileks setelah sibuk beraktifitas.

Untuk lebih lebih jelas konsep atau bentuknya sedikit kami uraikan mengenai taman model Jepang ini dapat Anda juga dapat melihat beberapa gambar dari Taman Jepang di Koleksi Gambar Tukang Taman Surabaya

Taman Model Jepang  mungkin bisa dijadikan inspirasi anda yang menginginkan model taman ala Jepang di rumah yang indah untuk dipandang. Dan koleksi kami semoga dapat menjadi bahan inspirasi bagi Anda yang ingin membuat taman gaya Jepang.

Prinsip Pembuatan Taman Gaya Jepang
Mungkin salah satu dari anda pengunjung Tukang Taman Surabaya benar-benar berniat untuk menerapkan konsep Taman Jepang pada hunian anda, maka terdapat beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dalam pembuatanya. Pertama berkaitan dengan prinsip desain perencanaan Taman Jepang itu sendiri. Taman Jepang tidak mengenal garis-garis lurus atau simetris. Semua elemen di dalamnya dirancang secara asimetris sehingga semua elemennya sama-sama dominan.



Selanjutnya adalah dalam Taman Jepang mengenal bagian taman dalam (sakral) serta taman luar (profan). Tidak semua model Taman Jepang lokasinya bisa diinjak atau dilewati oleh orang. Karena terdapat taman yang dibangun hanya untuk dipandang dari kejauhan saja. Beberapa teknik diterapkan dalam pembuatan taman Jepang antara lain permainan perspektif serta permainan tersembunyi dari penglihatan. Kedua teknik ini membuat taman semakin cantik.



Dengan teknik pertama ini maka taman akan terlihat lebih luas dengan latar depannya diletakkan bebatuan dan pepohonan yang lebih besar daripada elemen-elemen di belakang. Sementara untuk teknik kedua, maka tidak semua pemandangan di dalam taman terlihat sekaligus.

Orang yang ingin melihatnya harus berjalan masuk melewati pagar, tanaman-tanaman besar sebelum melihat isi taman. Dan yang terakhir yaitu dengan teknik lanskap pinjaman yaitu pemandangan taman berasal dari pemandangan alam pegunungan , sungai, atau hutan yang ada di kejauhan.

Elemen-elemen dalam pembuatan konsep taman jepang
Yang selanjutnya pengunjung yaitu elemen dasar atau yang harus ada dalam Taman Jepang, antara lain:
•    Elemen yang pertaman yaitu elemen air yang digunakan untuk menyucikan benda dari dunia profane sebelum masuk ke kawasan sakral. Yang peletakannya biasanya air dialirkan dari sungai dan dibentuk kolam serta air terjun dalam kawasan taman rumah.
•    Elemen yang kedua yaitu elemen tanaman, baik itu pohon perdu, bambu, lumut, maupun rumput juga perlu ada dalam Taman Jepang. Tanaman perdu digunakan untuk menggambarkan lereng gunung, padang rumput,dan lembah sekaligus untuk membedakan diantaranya. Pohon perdu juga digunakan sebagai penghubung antar pemandangan di dalam taman rumah.
•    Elemen yang ketiga yaitu elemen Batu. Bebatuan yang ada dalam Taman Jepang melambangkan pegunungan, garis pantai, dan air terjun. Biasanya pada taman yang memiliki pulau kura-kura dan pulau burung jenjang di tengah-tengahnya maka batu diletakkan sebagai pemberi kesan adanya kepala dan ekor. Biasanya batu-batu yang digunakan berasal dati pegunungan, pinggir laut ataupun pinggir sungai, terdapat penggolongannya pula yaitu termasuk batu sedimen, batu beku, atau batu malihan.
•    Elemen yang terakhir dalam pembuatan Taman Jepang adalah elemen pagar dan bangunan gerbang dan ini adalah elemen penting dalam lanskap. Pagar bisa terbuat dari tanaman perdu sebagai pagar hidup, atau bisa juga dengan pagar buatan yang terbuat dari bambu yang disusun rapi sedemikian rupa sehingga terkesan indah. Pagar hidup ini berfungsi sebagai pembatas, penghalang, dan juga bermanfaat sebagai pelindung.

Demikian artikel dari kami Tukang Taman Surabaya, artikel ini dirangkum dari beberapa artikel yang lain. Untuk itu ucapan terima kasih juga buat yang artikelnya menjadi referensi kami Tukang Taman Surabaya mengenai desain taman gaya Jepang. Semoga dapat bermanfaat anda juga bisa membaca artikel Fungsi Teritisan Rumah Pada Rumah Minimalis
Kami melayani dan mendesign taman rumah sesuai Imaginasi anda, call 0882-1140-7026